Langsung ke konten utama

STANDAR LAPORAN KEUANGAN

Standar Laporan Keuangan

Dalam proses akuntansi, seorang akuntan harus menjalankannya sesuai standar akuntansi yang berlaku. Standar akuntansi keuangan (SAK) adalah metode dan format baku dalam penyajian informasi laporan keuangan suatu kegiatan bisnis. Di Indonesia, standar akuntansi berkembang menjadi 4 pilar yang disusun dengan mengikuti perkembangan dunia usaha. Berikut adalah 4 pilar dalam Standar Akuntansi Keuangan (SAK) di Indonesia. 

PSAK-IFRS

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan-International Financial Report Standard (PSAK) adalah nama lain sari SAK (Standar Akuntansi Keuangan) yang diterapkan Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) pada Tahun 2012 lalu. Standar ini digunakan untuk badan atau bisnis yang memiliki akuntabilitas publik, yaitu badan yang terdaftar atau masih dalam proses pendaftaran di pasar modal seperti perusahaan publik, asuransi, perbankan, BUMN, ataupun perusahaan dana pensiun). PSAK sama dengan SAK, sama-sama bertujuan untuk memberikan informasi yang relevan bagi pengguna laporan keuangan. Sedangkan penggunaan IFRS sendiri ditentukan karena Indonesia merupakan anggota IFAC (Internatinal Federation of Accountants) yang menjadikan IFRS sebagai standar akuntansi mereka.

SAK-ETAP

Standar Akuntansi Keuangan untuk Entitas Tanpa Akuntansi Publik (SAK-ETAP) digunakan untuk entitas yang akuntabilitas publiknya tidak signifikan dan laporan keuangannya hanya untuk tujuan umum bagi pengguna eksternal. ETAP merupakan hasil penyederhanaan standar akuntansi IFRS yang meliputi tidak adanya laporan laba/rugi komprehensif, penilaian untuk aset tetap, aset tidak berwujud, dan properti investasi setelah tanggal perolehan hanya menggunakan harga perolehan, tidak ada pilihan menggunakan nilai revaluasi atau nilai wajar, serta tidak ada pengakuan liabilitas dan aset pajak tangguhan karena beban pajak diakui sebesar jumlah pajak menurut ketentuan pajak. Jika diterapkan dengan tepat, unit bisnis kecil dan menengah dapat membuat laporan keuangan tanpa harus dibantu oleh pihak lain dan dapat dilakukan audit terhadap laporannya tersebut.

PSAK-Syariah

PSAK-Syariah merupakan pedoman yang dapat digunakan untuk lembaga-lembaga Kebijakan Syariah seperti bank syariah, pegadaian syariah, badan zakat, dan lain sebagainya. Pengembangan standar akuntansi ini dibuat berdasarkan acuan dari fatwa yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia). Standar ini terdiri atas kerangka konseptual penyusunan dan pengungkapan laporan, standar penyajian laporan keuangan, dan standar khusus transaksi syariah seperti mudharabah, murabahah, salam, ijarah, dan istishna.

SAP

Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) telah ditetapkan sebagai peraturan pemerintah yang diterapkan untuk entitas pemeritah dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). SAP dibuat untuk menjadmin transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.

Itulah empat pilar standar akuntansi keuangan yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan standar akuntansi tersebut, Anda dapat meningkatkan kualitas informasi yang ada pada laporan keuangan. Jurnal merupakan software akuntansi yang dibuat dengan standar akuntansi yang berlaku. Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan sesuai standar dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman.
Jurnal menyediakan berbagai laporan keuangan sesuai kebutuhan perusahaan Anda seperti laporan arus kas, laporan laba-rugi, laporan pendapatan, laporan neraca, laporan stok barang, dan lain sebagainya. Segera daftarkan perusahaan Anda dengan Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Soal Pilihan Ganda

1. SAP (Standar Akuntansi Pemerintah) dibuat untuk . . .

a. Melaporkan keuangannya
b. Penilaian untuk aset tetap
c. Laporan perubahan modal
d. Menyesuaikan pengeluaran
e. Untuk menjadmin transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL PILIHAN GANDA

PRODUKSI MASSAL DAN MEDIA PROMOSI 1.Media promosi sejenis billboard yang telah menggunakan teknologi   elektronik gambar bergerak disebut… a. Megatron b. Videotron c.  Billboard d. Baliho e.  Banner 2. Pernyataan di bawah ini yang merupakan pertimbangan pemilihan media promosi cetak diantaranya… a. Khalayak sasaran yang ingin dituju b. Nama produk c.  Kemampuan produksi d.  Pendapatan perusahaan e.  Potensi pasar yang tersedia 3. Langkah pertama dalam perencanaan produksi dan kontrol, Sebagai proses penentuan jalur pekerjaan . Pengertian lamgkah perencanaan produksi massal adalah... a.  Penataan b.  Routing c.  Dispatching d.  Penjadwalan e.  Tindakan lanjutan atau expediting 4. Ide dari produksi massal adalah . . . . . a.  Untuk membuat berbagai produksi yang  terbatas dalam jumlah besar dengan biaya yang sangat rendah b.  Proses yang lama be rjalan menghasilkan barang jadi berkali-kali c.  Proses produksi fisik/kimia d.  Membuat produk berbeda-beda den

PRODUKSI MASSAL

A. Pengertian Produksi Massal Produksi massal, juga dikenal sebagai aliran produksi atau produksi terus-menerus, adalah sistem produksi dalam jumlah besar dari produk yang standar, termasuk dan terutama pada lini perakitan. Bersama-sama dengan pekerjaan produksi dan produksi batch, itu adalah salah satu dari tiga metode produksi. Istilah produksi massal dipopulerkan oleh suplemen artikel 1926 di Encyclopædia Britannica yang didasarkan pada korespondensi dengan Ford Motor Company. New York Times menggunakan istilah tersebut dalam judul sebuah artikel yang muncul sebelum publikasi artikel Britannica tersebut. Konsep produksi massal bisa diterapkan untuk berbagai jenis produk, dari cairan dan partikel-partikel ditangani dalam jumlah besar (seperti makanan, bahan bakar, bahan kimia, dan ditambang mineral) sampai bagian-bagian padat yang kecil-kecil (seperti pengencang) ke perakitan bagian-bagian kecil tersebut (seperti peralatan rumah tangga dan mobil). Produksi massal adalah bidan

PAPARAN DESKRIPTIF, NARATIF, ARGUMENTASI, DAN PERSUASIF

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paragraf deskriptif ? Paragraf deskriptif adalah sebuah paragraf yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar para pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. 2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paragraf argumentasi ? Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya. 3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paragraf naratif? Paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa. 4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan paragraf persuasif ? Paragraf persuasif adalah paragraf yang isinya berusaha untuk merebut perhatian pembaca. Paragraf ini disajikan secara menarik, meyakinkan mereka bahwa pengalaman yang disiratkan itu merupakan suatu hal yang amat penting. Karena itu, terkadang paragraf persuasi sering digun